Perjalanan Ducati dari Waktu ke Waktu

Ducati Motor Holding S.p.A. merupakan divisi manufaktur pembuatan sepeda motor dari perusahaan Italia Ducati yang memiliki kantor pusat di Kota Bologna, Italia. Perusahaan tersebut dimiliki oleh produsen otomotif asal Italia Lamborghini, lewat perusahaan utamanya yang berada di Jerman Audi, dan dimiliki Grup Volkswagen.

Sejarah Singkat Ducati

Pada 1926 Antonio C. Ducati beserta ketiga putranya, yaitu Adriano, Marcello dan Bruno C. Ducati mendirikan Societ Scientifica Radio Brevetti Ducati di Kota Bologna untuk mulai memproduksi tabung kondensor, vakum, serta semua komponen radio lain. 

Produksi terus berlanjut selama Perang Dunia II, meskipun pabrik Ducati menjadi sasaran pemboman Sekutu berulang kali pada tahun itu akhirnya dihancurkan oleh sekitar 40 Pembebas B-24 Konsolidasi Kamis, 12 Oktober 1944 sebagai bagian dari Operasi Pancake Angkatan Udara Amerika Serikat, di mana sekitar 700 pesawat berangkat dari bandara di Provinsi Foggia. 

Sementara itu, Aldo Farinelli mulai mengembangkan motor pushrod kecil untuk dipasang pada sepeda di perusahaan kecil Turin, SIATA (Societa Italiana per Applicazioni Tecniche Auto-Aviatorie).Hampir satu bulan setelah dinyatakan bebas secara resmi oleh Italia di tahun 1944, SIATA mengumumkan maksudnya untuk menjual mesin tersebut. 

Cucciolo (“anak anjing” bahasa Italia, suara khas dari knalpot) pada umumnya. Cucciolo pertama tersedia secara individual dan dapat dipasang ke sepeda standar oleh pembeli. Namun, pengusaha segera membeli mesin kecil sebagai gantinya, menjadi satu set lengkap Sepeda Motor yang dijual dalam jumlah besar dan tersedia untuk dijual.

Pada 1950, setelah menjual lebih dari 200.000 Cucciolo, perusahaan Ducati dengan SIATA akhirnya bekerja sama menawarkan sepeda motor berbasis Cucciolo mereka sendiri. Sepeda motor Ducati pertama ini adalah sepeda motor 48cc dengan berat 44 kg, memiliki kecepatan tertinggi 64 km/jam dan karburator 15mm yang menghasilkan sedikit kurang dari 200 mpg-US (1,2L/100km; 240 mpg-imp).

Ducati segera menjatuhkan nama Cucciolo demi “55M” dan “65TL”.Seiring pergerakan pasar untuk lebih banyak sepeda Itu adalah masalah besar, manajemen Ducati memutuskan untuk bertindak dan membuat kesan besar di acara Milan pada awal tahun 1952 dengan memperkenalkan sepeda 65TS dan Cruiser (skuter empat langkah).

Meskipun Cruiser digambarkan sebagai mesin baru yang paling menarik di pameran tahun 1952, itu tidak sukses besar karena hanya beberapa ribu mesin yang dibuat. Periode satu tahun sebelum produksi model dihentikan.Pada tahun 1953 manajemen membagi perusahaan menjadi dua entitas terpisah, DucatiMeccanica SpA dan Ducati Elettronica .

Mengenali berbagai lini produk sepeda motor dan elektronik. dr Giuseppe Montano mengambil alih pengelolaan Ducati Meccanica SpA dan pabrik Borgo Panigale dimodernisasi dengan bantuan pemerintah. Pada tahun 1954, Ducati Meccanica SpA telah meningkatkan produksi menjadi 120 sepeda per hari.

Desain dari Sepeda Motor Milik Ducati

Ducati memang dikenal dengan motor berperforma tinggi dan memiliki ciri khas mesin 4-tak 90° V-twin yang bertenaga dan desain katup desmodromic. Ducati menjuluki setup L-Twin, sebab satu silinder vertikal dan horizontal lainnya, karena itu terlihat seperti huruf “L”. 

Desain katup desmodromic Ducati di awal tahun ke-50 penggunaannya. Sementara sebagian besar produsen lain memakai kopling basah (yang bagian berputarnya direndam dalam oli), Ducati sebelumnya memakai satu Multiple kopling – piringan kopling kering. 

Kopling pada banyak sepeda mereka. Kopling kering menghilangkan hilangnya daya karena resistensi terhadap viskositas oli di mesin, meskipun sambungannya mungkin memang tidak bisa semulus versi penangas oli, namun cakram kopling akan lebih cepat aus. 

Ducati telah beralih ke kopling basah di seluruh lineup mereka saat ini. Ducati juga menggunakan banyak rangka teralis, walaupun begitu proyek MotoGP Ducati mematahkan tradisi itu dengan memperkenalkan rangka serat karbon yang revolusioner untuk Ducati Desmosedici GP9.

Sejarah Produk

Kepala perancang sebagian besar dari sepeda motor milik Ducati di tahun 1950-an, yaitu Fabio Taglioni mulai dari 1920-2001. Desain motor tersebut berasal dari mesin silinder single kecil yang sukses dipakai oleh “balap jalanan” di Italia hingga penggunaan mesin kembar yang mempunyai kapasitas mesin besar. Kemudian perpindahan besar tahun 1980. 

Ducati kembali memperkenalkan Pantah di tahun 1979 dan mesin diperbarui pada tahun 1980. Pada tahun 1990 di Ducati SuperSport ( SS ) seri. Semua mesin Ducati modern berasal dari Pantah dan menggunakan timing belt untuk menggerakkan katup mesin. Taglioni

menggunakan Kuda Jingkrak (diidentifikasi dengan brad Ferrari) pada Sepeda Motor Ducati-nya. Taglioni memilih simbol keberanian dianggap sebagai tanda penghormatan dan kekaguman untuk Francesco Baracca, yaitu seorang pilot pesawat tempur pada PD I yang heroik yang tewas dalam serangan udara pada tahun 1918.

Sejarah Balapan

Sejarah Ducati di dunia motorsport dimulai dimana mereka berhasil menembus rekor kecepatan darat pembalap motor pabrikan Cucciolo di tahun 1951, diikuti tahun 1954 oleh Fabio Taglioni yang mendirikan program balap jalanan dengan 100 Grand Sport. Sejak 2009, Ducati terus mengikuti model bisnis “menang di hari Minggu, menjual di hari Senin”, menghabiskan 10% dari pendapatan perusahaan sebesar €40 juta untuk bisnis balapnya.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *