Merawat Ban Mobil dengan Rutin Menyemirnya

Merawat Ban Mobil dengan Rutin Menyemirnya

Ban adalah komponen penting yang ada di kendaraan bermotor. Ban tidak hanya berperan untuk meminimalisir getaran serta melindungi roda, ban bisa juga berfungsi sebagai penyeimbang kendaraan ketika berada di permukaan jalan yang bergelombang. Nah pada pembahasan kali ini akan sedikit mengulas tentang perawatan ban yang mana menyemir ban secara rutin juga termasuk upaya perawatan ban.

Berbicara mengenai perawatan ban, selain menyemir ban secara rutin ada pula hal-hal yang perlu dilakukan sebagai bentuk perawatan ban mobil, antara lain:

1.       Memeriksa Kondisi Ban secara Rutin

Sesudah menggunakan mobil, sebaiknya selalu periksa kondisi ban kendaraan tersebut, hal ini penting dilakukan sebab ketika mobil yang Anda gunakan tanpa sengaja melintasi jalanan yang berlumpur. Dimana kotoran ini akan mengering, alhasil kotoran yang sudah mengering ini yang bisa mengganggu pergerakan mobil Anda.

2.       Menukar Posisi Ban dengan Rutin

Anda harus menukar posisi ban kendaraan Anda secara rutin, menyesuaikan tingkat keausan setiap ban. Umumnya ban bagian depan mobil kan cepat au jika dibandingkan oleh ban bagian belakang. Sebab ban depan mobil dipakai untuk berbelok dan sebagai tumpuan ketika melakukan pengereman. Waktu terbaik saat melakukan penukaran ban ini sekitar 5.000 km jarak tempuh mobil.

3.       Memeriksa Tekanan Udara pada Ban

Periksalah tekanan udara pada ban kendaraan secara rutin serta pastikan juga bahwa tekanan udara dari setiap ban telah sesuai standar yang dianjurkan. Pemeriksaan ini sangat penting untuk diterapkan supaya ban mobil Anda tidak mudah pecah atau rusak. Tekanan ban yang kurang atau berlebihan dapat menimbulkan ketidakstabilan ketika dikendarai.

Merawat Ban Mobil dengan Rutin Menyemirnya

4.       Memperhatikan Barang Bawaan

Ketika membawa barang yang banyak apabila sedang bepergian tentu tidak dilarang, namun Anda perlu memperhatikan berat secara keseluruhan dari barang yang akan dibawa. Bila semakin berat tentu mobil akan menahan beban yang juga semakin berat. Maka dari itu, barang-barang yang sekiranya tidak begitu penting sebaiknya tak perlu dibawa agar lebih efisien.

Cara Menggunakan Semir Ban yang Tepat

Setelah mengetahui cara merawat ban mobil secara tepat pada pembahasan diatas, merawat ban mobil secara rutin dengan menyemir-nya juga termasuk perawatan yang perlu Anda lakukan. Tapi apakah Anda tahu bagaimana cara menggunakan semir ban yang benar serta tipsnya supaya awet? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan simak ulasan berikut ini.

1.       Menggunakan Aplikator

Penggunaan aplikator termasuk cara menyemir yang tepat dan bukan menggunakan tangan. Namun, aplikatornya pun tak boleh asal pilih. Jenis aplikator yang paling direkomendasikan, terutama untuk model semir spray atau semprot yakni berbahan handuk terry atau microfiber. Dimana, tuangkan semir tersebut ke dalam aplikator, barulah mengoleskannya ke permukaan ban mobil bagian samping.

2.       Ban Harus dalam Kondisi Kering Sebelum disemir

Sesudah mencuci kendaraan, pastikan dulu mobil sudah dalam kondisi kering sebelum menyemir ban.  Khususnya pada bagian mobil dan bagian yang dekat oleh ban. Keringkan dahulu permukaan ban, atau bagian lain yang berdekatan oleh ban memakai handuk atau alat pengering lainnya.

3.       Tidak perlu Menyemir Bagian Tapak Ban

Walaupun hal ini boleh dan bebas untuk dilakukan, namun tidak perlu untuk menyemir bagian tapak ban. Sebab hal ini akan percuma, dan semuanya akan terbukti ketika mobil sudah dijalankan, tidak hanya langsung menjadi kotor, namun juga dapat membahayakan. Dimana menyemir bagian tapak ban dapat mengurangi traksi pada ban secara signifikan hingga menimbulkan risiko kecelakaan.

4.       Tidak Perlu Terburu-buru

Sesibuk apapun Anda, usahakan untuk tidak terburu-buru ketika menyemir ban mobil. Jika memungkinkan semirlah ban mobil ketika Anda sedang libur kerja atau jangan menyemir ketika Anda akan berangkat kerja, karena akan membuat Anda merasa terburu-buru karena takut telat masuk kantor.

Alasannya begitu jelas, jika Anda terburu-buru pasti hasilnya pun tidak akan optimal. Niat ingin tampil elegan dan kinclong, yang ada ban mobil Anda malah terlihat kotor serta tidak enak untuk dilihat. Maka dari itu, carilah waktu luang ketika akan menyemir ban agar hasilnya bisa rapi, dan mobil pun menjadi kinclong dan enak bila dipandang.

5.       Membersihkan Ban secara Rutin

Menggunakan semir memang bisa membantu dalam melindungi ban dari paparan cahaya matahari atau sinar UV serta kontaminan lainnya, namun ini hanya bertahan sebentar. Untuk dampak maksimalnya, rutinlah dalam membersihkan ban kendaraan, kapanpun Anda sempat.

Terutama setelah Anda bepergian ke jalur yang yang ekstrim seperti jalan yang berlumut, berdebu, becek, berlumpur dan lain sebagainya. Jangan sampai membiarkan kotoran yang menempel pada ban mobil, segeralah untuk membersihkan jika sempat dan memiliki waktu luang. Dengan begitu Anda akan menjaga keawetan ban dan tidak bertumpu pada perawatan dengan cara disemir saja.

Leave a comment

Your email address will not be published.