Meminjam Uang dari Pinjol Untuk DP Mobil, Bolehkah?

dp mobil

Pernahkah muncul dipikiran Anda untuk memiliki sebuah mobil yang bisa menunjang keperluan serta mobilitas Anda setiap hari yang sangat sibuk? Dengan mempunyai mobil sendiri, Anda pun akan menjadi lebih mudah ketika akan bepergian, baik itu yang jaraknya jauh atau jarak yang dekat dan tidak perlu lagi repot-repot mencari atau memesan transportasi umum.

Mobil juga dapat Anda jadikan sebagai aset yang sangat berharga untuk memudahkan berbagai aktivitas bisnis yang semakin hari semakin berkembang. 

Sebetulnya membeli mobil lewat sistem kredit adalah hal yang biasa dilakukan masyarakat. Jenis pinjaman yang dapat digunakan pun sangat beragam, Seperti pinjaman online, KTA, kredit leasing hingga Kredit Tanpa Agunan dari bank tertentu. Hanya saja, untuk proses pengajuan dana pinjaman untuk keperluan tersebut sangatlah ketat dan tidak semudah yang diperkirakan.

Akan tetapi, karena tuntutan kebutuhan, pengajuan pinjaman dana seperti ini akhirnya harus dilakukan Tapi, yang menjadi pertanyaan yakni, produk pinjaman seperti apa yang cocok dan layak dimanfaatkan untuk membeli mobil impian Anda.

Keinginan masyarakat mempunyai kendaraan pribadi tidak pernah menurun, apalagi ketika munculnya fasilitas pajak untuk membeli mobil baru yang biasa disingkat PPnBM sampai ujung tahun ini. Dari sisi lain, sekarang ini sedang ramai dengan munculnya lembaga keuangan yang berbasis teknologi berupa fintech yang menyediakan layanan pinjaman online. Pinjaman dana tersebut mencakup pembelian berbagai jenis kendaraan, baik itu motor atau mobil.

Akan tetapi sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil yang diperoleh dari pembiayaan pinjaman online, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan.

Menurut Lilik Noor Yuliati selaku Dosen di IPB mengingatkan kepada masyarakat supaya untuk selalu membentengi diri agar tidak mudah melakukan pinjaman lewat fintech. Kanre ketika ingin mengajukan pinjaman online, masyarakat harus memeriksa dahulu apakah perusahaan fintech yang dituju sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan atau belum.

Masyarakat bisa mengakses informasi tersebut lewat situs web resmi OJK. Jika pinjol yang Anda maksud tidak terdaftar itu berarti pinjol tersebut ilegal. Situs web tersebut sengaja dibuat agar bisa menjadi wadah pengaduan yang mana didalamnya ada identitas dari pelapor, dokumen pengaduan dan hal yang diadukan.

Apabila berbicara mengenai, apakah meminjam uang di pinjol sebagai DP membeli mobil, apakah boleh? Tentu boleh, akan tetapi ada aturan yang berlaku di dalamnya dan sebelum melakukannya Anda harus berpikir secara matang agar tidak menjadi masalah baru di kemudian hari.

Pinjaman Online untuk DP Mobil

Anda dapat memanfaatkan layanan pinjaman online untuk keperluan pembelian mobil. Akan tetapi, untuk kebutuhan seperti ini, pengajuan pinjaman uang cepat secara online harus diperhitungkan dan petimbangkan dengan sangat matang supaya tidak menimbulkan masalah keuangan nantinya.

Begitu pentingnya untuk mengetahui legalitas dan kredibilitas lembaga keuangan tersebut, dan persyaratan seperti apa yang dibutuhkan. Supaya lebih aman, Anda harus memastikan untuk melakukan pinjaman online di lembaga keuangan yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan lewat situs web atau aplikasi ponsel resminya.

Walaupun begitu, terdapat kekurangan yang dimiliki platform pinjol yang mana nominal atau jumlah pinjaman yang mereka berikan tidak begitu besar. Maksimum hanya belasan juta saja dari beberapa layanan pinjol bagi nasabah baru, tapi bisa terus meningkat apabila sudah sering mengajukan pinjaman di pinjol yang sama. Itu berarti, layanan pinjaman dana tersebut hanya cocok sebagai sarana menambah kurangnya dana untuk membeli mobil.

Berikut Beberapa Produk Pinjaman Dana untuk DP Mobil

Kredit Tanpa Agunan

Layanan pinjaman ini juga bisa dijadikan sebagai sarana peminjaman dana untuk membeli dana yakni Kredit Tanpa Agunan. Untuk sistem yang diterapkan oleh produk pinjaman tersebut tergolong mudah dan juga praktis. Para nasabah bisa mengajukan pinjaman dalam jumlah tertentu serta untuk digunakan ke berbagai keperluan tanpa perlu menyertakan aset sebagai agunan atau jaminan.

Layanan tersebut kerap ditawarkan oleh berbagai lembaga keuangan digital atau konvensional seperti fintech. Walaupun begitu, harus dipahami bila proses verifikasi dan seleksi di pinjaman KTA tergolong ketat walau syarat pengajuan cenderung lebih ringan. Besaran bunga KTA pun juga lebih tinggi daripada produk pinjaman lain sebab tidak adanya jaminan yang membuat aktivitas perkreditan menjadi tinggi resiko.

Kredit Leasing

Berikutnya yaitu kredit leasing yang bisa dijadikan pilihan untuk meminjam uang sebagai keperluan membeli mobil. Cara satu ini adalah cara paling sering diterapkan masyarakat yang mau membeli mobil lewat sistem cicilan.

Secara sistem, kredit leasing tersebut serupa dengan skema KTA yang dimiliki oleh bank, tapi yang membedakan yakni produk pinjaman satu ini para nasabah wajib membayar uang sebagai DP dan nominal uang yang dimaksud pun bervariasi, sesuai dengan harga mobil yang Anda pilih serta kebijakan dari pihak perusahaan terkait.

Leave a comment

Your email address will not be published.