Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Ban Mobil?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Ban Mobil?

Mengganti ban mobil merupakan hal wajib untuk dilakukan rutin karena memang berhubungan dengan keselamatan. Tidak hanya itu, ban juga salah satu hal penting dari mobil serta fungsinya sendiri tidak sebatas untuk menggerakkan mobil, tetapi juga faktor keselamatan, menghitung konsumsi BBM, ketahan kaki mobil serta kenyamanan penumpang.

Tiap-tiap komponen yang ada pada mobil, pastinya mempunyai masa gunanya. Saat komponen tersebut kinerjanya mulai menurun, maka sudah wajib diganti. Karena itu, Anda harus bisa memperhatikan kondisi ban mobil serutin mungkin. Sekiranya mulai gundul, maka ada baiknya di ganti.

Ciri-ciri dari ban yang harus diganti

Rutinitas mengganti ban mobil jangan dianggap sepele. Tetapi, kadang Anda sebagai pemilik mobil bertanya-tanya kapan waktu yang tepat menggantinya. Berikut adalah penjelasannya seperti berikut ini :

Umur ban tidak lebih dari 3 tahun

Ban mobil tidakbisa digunakan secara permanen karena berbahan karet elastis. Oleh karena itu, kelenturan ban karet akan terus berubah seiring berjalannya waktu. Semakin lama digunakan,  karet menjadi kurang elastis, menjadi keras dan akhirnya kehilangan fleksibilitas.

Karena mobil sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari, usia ban mobil biasanya tidak lebih dari 3 tahun. Oleh karena itu, segera ganti ban setelah 3 tahun, meskipun tapak masih tebal. Bagaimana Anda tahu seberapa besar ban mobil? Anda hanya perlu membaca kode ban mobil yang ditampilkan. Harap dicatat bahwa umur ban juga tergantung pada jenis ban  yang dipilih.

Ada ban yang perawatannya relatif mudah, seperti ban run-flat, tetapi harganya mahal. Cukup sesuaikan jenis ban mobil dengan situasi keuangan Anda.Sebelum membeli, Anda bisa membandingkan harga di marketplace, di toko konvensional atau langsung ke tempat penukaran ban mobil terdekat. Beli ban mobil dengan harga terbaik.

Telah menempuh 40.000 km

Saat jarak tempuh telah mencapai angka 40.000 km, maka sebaiknya Anda segera mengganti ban mobil walau belum sampai 3 tahun. Ketika Anda memeriksa ban mobil, kelenturannya mungkin memang masih bagus tetapi belum tentu dengan ulirnya.

Apalagi jika Anda sering berkendara dengan jarak yang jauh. Pastinya ulir ban akan lebih cepat hilang dan ban menjadi halus. Hal inilah yang perlu diwaspadai, sebab ban yang halus akan berbahaya bila dikendarai apalagi ketika jalan dalam keadaan basah.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Ban Mobil?..

Ketebalan dari tapak ban telah lebih batas TWI

Pada dasarnya ban mobil mempunyai yang namanya TWI, dimana hal tersebut merupakan batas dari keausan ban dan diizinkan penggunaannya. Jika, kembang pada ban sudah menyentuh indikator segitiga TWI, tandanya ban sudah harus segera diganti secepatnya.

Adapun posisi dari indikator ini biasanya ada disisi ban, berupa simbol segitiga kecil pada area kembang ban atau di tengah ban berbentuk tonjolan kecil. Anda harus secara rutin memeriksa kondisinya, supaya Anda tahu apakah ban mobil masih aman digunakan atau sudah harus diganti.

Karena, ketika ban mulai aus tentu akan berpengaruh pada pengendalian serta saat mengerem mobil. Bayangkan saja, apabila Anda sedang berkendara dalam kecepatan cukup tinggi dan harus mengerem, hal ini pastinya akan membahayakan.

Ban gundul sampai ada benjolan

Bahkan dengan ban tengah kosong Anda harus segera bertindak, meskipun tepi bunga masih terlihat bagus. Ban perlu segera diganti karena ketebalan ban sudah tidak seragam. Selain itu, ban juga bisa tipis di beberapa tempat. 

Misalnya pada tepi  luar, profil ban atau tepi  dalam. Benjolan ban juga sering terjadi.Tonjolan tersebut merupakan tanda putusnya benang anyam atau kawat penguat konstruksi. Jika ada tonjolan berarti ketahanan ban  tidak merata, jadi sebaiknya segera ganti ban mobil. 

Umumnya, tonjolan pada ban disebabkan oleh beberapa keadaan, misalnya kekurangan udara pada ban mobil  menyebabkan beberapa bagian ban membawa beban lebih berat daripada bagian lainnya. Dalam kasus mendesak, Anda dapat pergi ke toko penggantian ban mobil 24 jam sehari.

Ban yang retak dan terlalu sering ditambal

Ban yang  terkena panas dalam  waktu lama sering kali mengalami keretakan pada dinding sampingnya. Ini dapat meretakkan dan merusak ban, meskipun usianya kurang dari 3 tahun. Dalam hal ini, segera ganti ban mobil. Ban yang terlalu sering diperbaiki juga mengurangi ketahanannya. Ini luar biasa, terutama bagi Anda yang menggunakan ban tubeless, yang  bisa kembali bekerja seperti semula setelah ditambal.

Lecet karena kena benda keras

Kontak dengan benda keras seperti aspal atau trotoar tidak dapat dihindari. Juga, jika mobil menabrak lubang  yang rusak,  ban akan aus dengan tingkat sedang hingga berat. Meski ban masih bisa digunakan, kemungkinan akan timbul masalah karena pada setiap sisi ban sudah tidak konsisten lagi ketahanannya. Segera ganti ban mobil anda, jangan tunggu sampai pecah.

Nah, demikianlah informasi yang wajib Anda ketahui seputar ban mobil dan kapan waktu yang tepat untuk menggantinya. Jangan sampai Anda mengabaikan hal-hal seperti ban aus dan lain sebagainya seperti penjelasan diatas, karena bagaimana pun keselamatan Anda adalah yang utama.

Leave a comment

Your email address will not be published.