Jenis-jenis Ban yang Sering Dipakai Sesuai Fungsinya

Jenis-jenis Ban yang Sering Dipakai Sesuai Fungsinya

Tahukah Anda, ada begitu banyak jenis ban untuk mobil? Dimana jenis ban ini dibedakan berdasarkan ulir dan fungsinya. Contohnya, untuk mobil khusus off road juga untuk ban di jalan beraspal, tentunya akan berbeda dan ban yang dipasangkan pada masing-masing mobil tidak akan menggunakan kualitas yang sama antara satu sama lain.

Ban Mobil Sesuai Dengan Fungsi

Beberapa type ban mobil pada umumnya yang digunakan oleh tiap-tiap perusahaan otomotif, yaitu : all terrain, mud terrain, highway terrain, performance, comfort, spare tima dan juga eco. Dimana dari masing-masing jenisnya mempunyai fungsi berbeda, berikut dibawah ini adalah penjelasannya :

All Terrain

Jenis ban yang pertama adalah all terrain atau lebih dikenal dengan AT, ban jenis ini dapat bekerja dengan sangat baik pada jenis jalan off road atau on road. Contohnya pada mobil berspesifikasi 4WD atau Jeep. Pada umumnya AT akan dipasang pada type mobil SUV.

Saat digunakan di medan off road, jenis ban ini akan terasa lebih tangguh. Kemudian, jika digunakan berkendara di jalanan yang beraspal, kelebihannya adalah tidak muncul suara bising. Namun, Anda jangan memaksakan ban AT untuk melintas di jalur yang ekstrim. Sebab alur ban ini tidak terlalu kuat atau mampu untuk mencengkram medannya.

Mud Terrain

MT atau mud terrain merupakan jenis ban yang khusus digunakan pada full off road. dimana ban MT memang mempunyai ulir dan alur yang dirancang untuk jalanan atau medan yang ekstrim. Contohnya batuan, lumpur hingga melewati sungai (dangkal).

Anda dapat menemukan jenis ban MT ini pada mobil Jeep Wrangler, Hardtop FJ 400 dan mobil-mobil sejenisnya. Ada juga jenis mountain terrain yang mana alur yang dipakai pada jenis tersebut lebih menonjol dan cocok digunakan pada medan berpasir juga berlumpur.

Highway Terrain

HT atau highway terrain merupakan jenis ban yang paling banyak digunakan oleh mobil-mobil pada umumnya, contohnya city car, sedan, MPV hingga hatchback. Intinya untuk mobil yang memang dikendarai pada area perkotaan. Namun, ada beberapa mobil khusus balap yang menggunakan ban HT ini juga.

Comfort

Ban bertipe comfort adalah jenis ban selanjutnya yang paling banyak dipasang pada mobil-mobil yang sering lewat di jalanan kota. Daya cengkram dari ban ini jauh lebih kuat, hal ini disebabkan karena comfort terbuat dari karet yang tebal dan mempunyai alur rapat, selain itu ban comfort juga tahan panas.

Ulir dan alur dari type comfort akan membuat aliran udara menjadi lebih cepat saat melewati ban ketika melaju di jalanan. Jadi, untuk daya tahannya tentu saja akan menjadi lebih kuat dan usia pemakaiannya lebih lama.

Eco

Selanjutnya ada ban berjenis eco. Dimana ban ini dipasangkan pada mobil dengan tujuan utama supaya pemakaian bahan bakar menjadi lebih efisien. Anda perlu tahu, bahwa ban juga merupakan penentu apakah bahan bakar akan lebih boros atau tidak.

Ban eco ini dibuat dengan menggunakan lapisan silika dan membuat type ban eco ini mempunyai cengkraman yang lebih kuat pada jalanan, karena lapisan silika tersebut akan menjadikan rolling resistance lebih sedikit.

Jenis-jenis Ban yang Sering Dipakai Sesuai Fungsinya

Performance

Selanjutnya adalah jenis performance, mempunyai kendali yang stabil. Karenanya, jenis ban yang satu ini kerap dipasang pada mobil untuk balap dan pastinya lebih banyak bila dibandingkan HT. Alur yang dimiliki oleh performance in lebih sedikit, dimana akan sangat cocok bagi mobil balap. Namun, ban jenis performance hanya pas digunakan pada jalanan kering daripada basah.

Spare tireĀ 

Terakhir adalah spare time atau ban cadangan, dimana ban ini mempunyai dua jenis, yakni :

  • Full size

Merupakan ban yang memiliki velg sama dengan aslinya atau bawaan mobil.

  • Temporary space saverĀ 

Merupakan ban yang khusus digunakan pada velg berbeda dan hanya diizinkan untuk melaju pada kecepatan sedang, yaitu 50 km per jam.

Ban Mobil Sesuai Dengan Ulirnya

Jika Anda telah mengetahui type atau jenis ban berdasarkan dari fungsinya, ada juga type ban yang disesuaikan dengan ulirnya. Berikut dibawah ini adalah empat jenis ulir yang sering dipergunakan pada mobil :

  • Run Flat Tire
  • Radial
  • Tubeless
  • Bias

Bentuk Alur Dari Ban Mobil

Hal terakhir yang harus Anda ketahui adalah informasi mengenai alur ban, dimana alur ini dibagi lima jenis dan merupakan yang paling sering digunakan oleh mobil-mobil pada umumnya, diantaranya :

  • Alur Simetris
  • Semi Slick
  • Alur Asimetris
  • Slick
  • Alur Searah

Jadi, jika sudah tahu mengenai jenis-jenis dari ban mobil, maka ketika akan mengganti ban mobil disesuaikan dengan fungsi serta jenis mobil yang Anda miliki. Jangan sampai Anda salah memasang ban, karena bisa membahayakan dan juga membuat bahan bakar menjadi lebih boros.

Leave a comment

Your email address will not be published.