Ini Dia Tools yang Wajib Dibawa Pengendara ke Dalam Kabin Mobil

Ini Dia Tools yang Wajib Dibawa Pengendara ke Dalam Kabin Mobil

Peralatan yang wajib Anda bawa ketika berkendara adalah toolkit mobil. Namun, sayangnya masih banyak orang yang mengabaikannya dengan alasan membuat mobil sempit atau mahal.Padahal, Anda tidak akan pernah tahu apa saja yang bisa terjadi selama diperjalanan.

Contohnya, mobil yang mogok, pecah ban dan lain sebagainya. Anda memang bisa saja memanggil teknisi, tetapi apa yang akan Anda lakukan bila saat itu berada di lokasi yang jauh dari bengkel. Jadi, jangan pernah menyepelekan toolkit. Lalu apa sajakah yang wajib ada? Berikut ulasannya.

Toolkit  mobil lengkap yang tidak boleh ketinggalan di dalam mobil 

Di setiap mobil setidaknya ada beberapa alat yang harus Anda miliki. Pertama obeng, lalu sepasang tang, kunci L, dongkrak, dan kait. Berikut ini adalah tool kit yang wajib ada di dalam mobil.  

Obeng reversibel

Obeng jenis ini memiliki dua sisi. Ada  ujung mata bunga dan akhir negatif. Keduanya diharuskan membuka beberapa  komponen kendaraan. Mulai dari bukaan dashboard, filter udara dan lain-lain.

Tang kombinasi

Berikutnya adalah tang kombinasi, walau kemungkinan menggunakan Lat ini akan sangat jarang kecuali dalam keadaan darurat. Alat ini memiliki fungsi untuk memutar dan juga memotong kabel. Jadi, biasanya dilakukan ketika ada kendala pada komponen yang berhubungan dengan listrik dan selang kendaraan.

Kunci-kunci

Kunci pas  ukuran 8, 10, 12, dan 14 merupakan ukuran ulir yang biasa digunakan pada suku cadang otomotif pada umumnya. Kunci pas ini adalah  kit alat mobil standar. Jangan lupa juga untuk menyertakan tang dan kunci pas kecil dengan ukuran bukaan maksimum 20 inci untuk meningkatkan fleksibilitas Anda saat menangani banyak sekrup.

Dongkrak

Tentu bagi Anda yang masih baru di dunia mobil, hal ini terasa janggal. Meskipun fasilitasnya juga bukan permainan, Anda tahu. Dongkrak juga merupakan salah satu alat standar yang harus ada di mobil dan  membantu saat mengganti ban  kempes. Agak besar dan memakan tempat, tapi jangan  lupa untuk membawanya. Baik dalam jarak dekat maupun jarak jauh.

Ini Dia Tools yang Wajib Dibawa Pengendara ke Dalam Kabin Mobil

Towing hook

Towing hook adalah toolkit mobil yang berbentuk cantolan memiliki fungsi ketika mobil harus diderek. Untuk beberapa mobil, alat ini dipakai terpisah atau biasanya sudah menjadi bawaan mobil sejak dibeli.

Ban cadangan

Biasanya pada tiap mobil sudah dilengkapi satu ban serep yang memang bawaan dealer. Dimana ban tersebut berfungsi untuk cadangan saat salah satu dari ban utama mobil Anda mengalami kerusakan, misalnya ban bocor, pecah atau kempes.

Kunci roda

Ada kunci roda silang yang tersedia secara umum, kunci roda L dan kunci roda engkol di pasaran. Kunci roda elektrik sudah tersedia yang dapat mempermudah pekerjaan Anda. Bagi yang memiliki bentuk salib, setiap ujung  palang  memiliki ukuran yang berbeda. Kunci roda ini digunakan untuk mengendurkan dan mengencangkan baut-baut roda.

Tyre pressure gauge

Tidak ada tool kit otomotif yang lengkap tanpa pengukur tekanan ban. Alat ini berfungsi sebagai pengukur tekanan angin ban. Rata-rata pemilik mobil tidak memiliki alat ini. Padahal, risiko ledakan dan kerusakan suspensi cukup tinggi ketika setiap roda memiliki tekanan yang berbeda.

Kabel jumper

Kabel jumper berguna jika mobil Anda tiba-tiba rusak atau baterai Anda kehilangan daya karena masalah  listrik. Jika ada kabel jumper, Anda tidak perlu  membuka baterai. Anda hanya perlu menyambungkan kabel jumper  aki mobil Anda ke aki mobil lain. Beginilah cara mesin mobil Anda menyala sehingga dapat memberi daya pada alternator untuk mengisi daya ke baterai.

Segitiga pengaman

Tanda segitiga pengaman mobil digunakan untuk memberitahu kendaraan lain agar berhati-hati saat mobil  mogok. Set alat ini juga biasanya  diberikan secara gratis dan diberikan oleh dealer dan merupakan salah satu alat yang juga harus ada di dalam mobil.

Senter

Toolkit berikutnya yang wajib ada adalah senter, alat ini tentu akan berguna bagi Anda ketika mobil terkendala di malam hari sebagai penerangan saat harus memeriksa bagian mobil yang rusak atau untuk mencari alat lain yang dibutuhkan.

Kotak P3K  

Untuk melengkapi kit alat terpasang, Anda juga dapat membeli kit P3K. Cedera atau cedera mendadak dapat terjadi  saat mengendarai mobil. Tentu saja, tindakan harus diambil dengan cepat di sini agar situasinya tidak memburuk. P3K mobil biasanya berisi  kasa steril, cairan antiseptik, plester, gunting, pisau saku, silet, sarung tangan karet, parasetamol, alkohol 70%, obat sakit maag, diare, dan flu.

APAR (alat pemadam)

Terakhir, ada baiknya Anda menyimpan APAR berukuran sedang di dalam mobil. Seperti yang telah disinggung sebelumnya kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi. Misalnya terjadi konsleting listrik yang menimbulkan percikan api.

Nah, itulah tadi beberapa toolkit yang wajib ada didalam mobil. Anda bisa menempatkan benda-benda tersebut dibagian yang mudah untuk dijangkau. Misal dibawah kursi supir, dekat kursi penumpang atau bagasi. Tempatkan saja alat-alat tersebut sesuai dengan ukurannya dan bila yang kecil-kecil dapat dijadikan dalam satu wadah.

Leave a comment

Your email address will not be published.