Gebrakan Terbaru Kawasaki Merubah Pasar Otomotif Tanah Air

Apabila kamu mencari tahu pabrikan motor apa yang paling nekat dan ada di Indonesia tentu yang pertama kali muncul adalah Kawasaki. Mengapa? Karena Kawasaki memiliki terobosan yang kerap membuat pihak lain menggelengkan kepala mereka. 

Tentu bagi pecinta otomotif masih mengingat saat pabrik otomotif lain sedang berlomba-lomba untuk menciptakan, Kawasaki malah sama sekali tidak ikut-ikutan, padahal jika dilihat saat itu pasar untuk skutik sangatlah menjanjikan.

Walaupun dianggap sebagai keputusan yang ekstrem karena sebenarnya Kawasaki bisa saja memilih untuk meluncurkan produk skutiknya di mana mereka pasti dapat bersaing dengan Yamaha maupun Honda. Tetapi alih-alih mereka terjun ke dunia skutik Kawasaki lebih memilih untuk masuk di pasar motor sport selain itu mereka juga pada akhirnya menciptakan peluang sendiri pada sektor tersebut.

Gebrakan yang dibuat Kawasaki 

Berikut adalah beberapa gebrakan yang dibuat oleh pihak Kawasaki dan pastinya membuat geng ijo tersebut mempunyai karisma sendiri untuk para pecinta otomotif yang ada di Indonesia :

1. Menjadi pelopor bagi mesin dua silinder

Sebagaimana yang diketahui bahwa Kawasaki sejak tahun 2007 sudah menjadi sorotan karena mereka meluncurkan atau memperkenalkan Ninja 250 dan 2 silinder. Hal yang mengejutkan lainnya adalah di saat itu tidak ada satupun pabrik yang berani menciptakan atau memproduksi motor dengan dua silinder ini. Walaupun pada akhirnya setelah bertahun-tahun Honda merupakan pabrik motor lain yang juga menciptakan CBR250RR dan Yamaha dengan R25 nya.

2. Pasar motor trail di tanah air kembali menggeliat

Setelah sukses di pasar motorsport bersama Ninja, Kawasaki kemudian melirik dunia motor trail alias motor trail. Pada tahun 2008, Green Gang memperkenalkan KLX 250S dengan spesifikasi dan desain roda tiga. Motor ini berbagi mesin dengan Ninja 250 silinder tunggal.

Langkah yang sangat cerdas: mesin dibagi dua. Satu untuk sepeda sport dan satu untuk sepeda motor trail. Saat itu, respon publik domestik cukup tinggi. Karena tidak banyak pabrikan yang bermain di pasar trail. Bisa dikatakan Kawasaki sendiri di pasar kendaraan off-road domestik.

Kawasaki semakin mendominasi dunia awal dengan diperkenalkannya KLX 150. Melihat nikmatnya pasar motor off-road yang dimasuki Kawasaki, Honda menyusul dengan CRF 150 dan Yamaha dengan WR 155R.

3. Motor retro juga kembali di lirik

Visi Kawasaki untuk pasar patut diacungi jempol. Karena setiap produknya selalu bisa menciptakan ceruk pasarnya sendiri, seperti Ninja 250 dua silinder, KLX 150, dan kemudian Ninja 250 empat silinder.

Jangan lupa Kawasaki W175. Sepeda motor yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017 ini mengisi pasar sepeda motor retro yang selama ini diremehkan oleh pabrikan lain. Desain retro dan harga yang wajar menjadikan W175 pilihan pertama instan bagi penggemar sepeda motor klasik.

Kini W175 bahkan hadir dalam berbagai varian, mulai dari cafe racer hingga traktor. Langkah Kawasaki ini sekali lagi diikuti oleh pabrikan berikutnya. Misalnya, Yamaha merilis XSR 155. Meski berbeda dengan W175, XSR 155 jelas memanfaatkan keseruan motor klasik yang diusung W175.

4. Menghadirkan moge pada mesin 250cc dan 4 silinder

Langkah terbaru Kawasaki adalah menyematkan empat silinder pada mesin 250cc Ninja ZX-25. Sepeda motor luar biasa ini rencananya akan diluncurkan di Jakarta pada 4 April mendatang. Namun wabah virus corona membuat Kawasaki menunda peluncuran hingga tidak diketahui kapan.

Semoga wabah virus corona cepat berlalu dan motor keren ini segera ditata. Seperti sebelumnya, gebrakan 4 silinder ini berhasil menghebohkan pabrikan lain. Pasalnya, Ninja 250 dua silinder masih mendominasi jalanan, apalagi nanti empat silinder.

Terobosan Kawasaki benar-benar keluar dari kotak. Produsen lain mungkin akan pusing saat melihatnya. Tapi pecinta mobil akan senang. Karena setiap terobosan Kawasaki selalu menciptakan standar baru dalam dunia otomotif.

Motor keluaran Kawasaki yang masih populer hingga sekarang

Apabila ditanya motor jutaan Kawasaki manakah yang hingga saat ini masih menjadi pilihan pecinta otomotif? Mungkin jawabannya adalah Ninja 250, motor ini cukup menarik perhatian dan merupakan motor pada kelas 250 cc di mana memiliki tenaga yang cukup tangguh.

Selain itu motor Kawasaki Ninja 250 juga mempunyai body kuat tetapi tetap aerodinamis yang mana dengan bodynya yang kuat ini memperlihatkan jika motor tersebut memiliki performa yang setara dengan kekuatan dari bodinya. 

Ketika dipacu dalam kecepatan tinggi sudah pasti motor ini akan dapat melaju dengan kencang serta bisa diandalkan, menurut beberapa orang kelebihan dari Ninja 20 keluaran Kawasaki ini adalah karena ketika kamu memacunya dalam kecepatan yang tinggi pengendara tetap bisa seimbang. Bila ditanya mengenai fitur apa saja yang dimiliki oleh Kawasaki Ninja 250 ini, berikut adalah ulasannya :

  • Pada bagian depan dari Kawasaki Ninja 250 dibekali dengan lampu yang mempunyai tingkat pencahayaan maksimal, lampu ini sendiri menggunakan teknologi yang bernama multi reflektor.
  • Lalu speedometer dari motor ini juga terlihat cantik, kombinasi dari speedometer milik motor ini adalah digital dan LCD di mana mempunyai fungsi secara otomatis dan dapat memperlihatkan indikator RPM pada motormu.

Selain kedua fitur yang telah disebutkan sebenarnya motor ini masih memiliki banyak fitur yang tentunya menguntungkan dan menjadi keunggulan sendiri dari motor Kawasaki Ninja 250.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *