Deretan Mobil Listrik yang Telah Mengaspal di Indonesia

mobil listrik

Tren kendaraan tenaga listrik pada tahun 2021 menjadi semakin nyata. Banyak beberapa pabrik pada saat ini telah menjual produk mobil listrik yang mereka miliki, contohnya seperti Nissan, Hyundai dan juga DFSK. Tidak hanya itu saja, banyak produk mobil listrik baru yang juga keluar dari China yaitu Morris Garage, dimana telah meluncurkan produk mobil listrik. Berikut ini beberapa deretan mobil listrik yang telah mengaspal di Indonesia.

1. Hyundai Kona Electric

Hyundai meluncurkan salah satu mobil listrik yang memiliki nama Kona Electric dimana mobil ini merupakan mobil SUV yang membuatnya terlihat lebih gagah. SUV ini juga dibekali dengan baterai dengan kapasitas 39,2 kWh dan dapat menempuh jarak sejauh 305 km.

2. Hyundai Ioniq EV

Pabrik Hyundai memperkenalkan sebuah mobil listrik yang bernama Ioniq EV pada awal tahun 2021. Mobil listrik yang ramah lingkungan tersebut memiliki desain yang trendy. Ioniq EV ini memiliki kapasitas baterai sebesar 38,3 kWh dan dapat menempuh jarak sejauh 373. Hyundai sendiri mengklaim jika pengisian daya Ioniq EV sangat cepat, pengisian daya dari 0 sampai 80 persen hanya membutuhkan sekitar 54 menit saja.

3. Nissan Kicks e-Power

Kicks e-Power adalah mobil listrik keluaran Nissan model pertama dimana memiliki fitur tanpa charger eksternal, hal tersebut dikarenakan dari system e-POWER dimana roda mobil digerakkan oleh motor listrik secara menyeluruh. Kemudian mesin bensin mobil ini hanya akan digunakan ketika mencharger baterai serta mengalirkan listrik pada motor.

Kicks e-POWER juga menggunakan fitur One-Pedal Operation dimana membuatnya praktis untuk digunakan para pengemudi dikarenakan pengemudi tidak perlu lagi untuk memindahkan kakinya dari pedal gas pada pedal rem sebab fungsi pada akselerasi dan juga deselerasi telah dijadikan satu pedal.

4. The All New Nissan Leaf

Selain pabrik Hyundai, pabrik Nissan pun tidak kalah agresif pada pasar mobil listrik di Indonesia. Pada tahun 2021 pabrikan asal Negara matahari terbit ini meluncurkan produk The All New Nissan Leaf. Mobil listrik tersebut disuguhi dengan baterai lithium-ion dengan kapasitas 40 kWh dimana mobil tersebut dapat menempuh jarak hingga 331 km dalam satu kali pengisian daya yang berdasarkan hasil pada test NEDC atau New European Driving Cycle.

Mobil listrik ini memiliki kecepatan dari 0 hingga 100/jam dalam waktu Cuma 7,9 detik saja dan untuk kecepatan maksimalnya yaitu 155 km/jam. Kemudian mobil ini mempunyai tenaga maksimal yaitu 110 kW setara dengan 150 PS dan memiliki torsi maksimal 320 Nm.

5. DFSK Gelora E

Pabrikan asal tirai bambu DFSK ini juga tidak ingin kalah pada pasar mobil listrik karena mereka juga meluncurkan sebuah minivan dengan tenaga listrik yaitu, DFSK Gelora E. Mobil ini dapat menempuh perjalanan dengan jarak 300 kilometer hanya dengan melakukan pengisian daya sekali saja.

Mobil van tersebut memiliki ukuran yang cukup luas, dimana memiliki 7 tempat duduk untuk penumpang. Kemudian model blind van mempunyai kabin yang sedikit panjang dimana cocok untuk dijadikan mobil kargo atau logistik.

6. MG 5 EV

Pabrikan Indonesia juga tidak mau kalah dalam pasar mobil listrik, pasalnya MG Motor Indonesia juga telah meluncurkan sebuah mobil listrik yaitu MG 5 EV pada tahun 2021 di GIIAS. Mobil listrik tersebut diklaim dapat menempuh jarak sampai 380 km dan memiliki kapasitas baterai 50,3 kWh dimana telah teruji dan juga ter-sertifikasi IP67.

Mobil listrik MG 5 EV ini mempunyai desain estetik, lampu projector bagian depan memakai LED Daytime Running Lights, lampu LED di bagian belakang memiliki desain electric pulse, kemudian dan bagian paling penting yaitu kapasitas bagasi dapat memuat sampai 1.456 liter.

Jenis dari mobil listrik

Apabila Anda memiliki ketertarikan mempunyai sebuah mobil listrik, akan tetapi bingung perbedaanya serta apa yang perlu dipertimbangkan pada jenis-jenis tersebut, berikut ini beberapa penjelasannya.

  • Plug-in hybrids memberikan penawaran pada peningkatan kinerja lingkungan serta biaya untuk pengisian bahan bakar mobil lebih rendah jika dibandingkan pada kendaraan konvensional dimana hal tersebut dikarenakan mobil dapat diisi ulang melalui outlet, kemudian mengganti mil yang biasanya digerakkan oleh bensin menjadi menggunakan listrik serta memakai mesin bensin untuk perjalanan panjang.
  • Battery electric vehicle merupakan mobil yang memakai listrik sepenuhnya untuk dijadikan sebagai bahan bakarnya. Hal yang terpenting untuk Anda yang ingin memiliki mobil listrik perlu mencocokan kisaran pada baterai pada penggunaan kendaraannya. Akan tetapi, keunggulan dari mobil tersebut tidak mempunyai emisi knalpot serta sumber tenaga yang memakai listrik membuat mobil tersebut ramah lingkungan.
  • Mobil jenis Hydrogen fuel cell vehicle ini perkembangannya tidak terlalu meluas. Padahal mobil jenis hydrogen fuel cell vehicle ini memberikan manfaat signifikan, yaitu waktu pada pengisian bahan bakar yang cepat dan juga awet yang membuat mobil ini dapat dikemudikan dengan waktu yang lama. Akan tetapi masalahnya yaitu terletak pada stasiun pengisiannya pada saat ini belum tersedia luas yang menjadikan sulitnya perkembangan mobil jenis ini pada beberapa Negara.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *