Daftar Perusahaan Otomotif yang Juga Produksi Pesawat Terbang

Tahukah kamu bahwa kenyataannya ada perusahaan otomotif yang tidak hanya menciptakan mobil atau motor namun mereka juga memproduksi moda transportasi udara, seperti pesawat terbang. Kita tahu bahwa dalam industri aviasi serta otomotif tentunya sangatlah berbeda jauh, selain itu kedua transportasi ini mempunyai wilayahnya masing-masing, yaitu udara dan darat.

Tetapi semakin majunya dunia industri khususnya pada perkembangan teknologi di sektor penerbangan. Tidak menutup kemungkinan bila baik otomotif ataupun aviasi pada akhirnya saling berhubungan. 

Bahkan di antara beberapa perusahaan yang saat ini kita ketahui , sebenarnya sudah mulai terjun untuk mengembangkan mesin pesawat tempur di saat perang dunia berlangsung. Kemudian setelah perang dunia selesai baik 1 ataupun kedua perusahaan-perusahaan ini barulah memfokuskan diri menciptakan kendaraan darat untuk kebutuhan komersial.

Perusahaan otomotif yang memproduksi pesawat terbang

Apabila kamu penasaran perusahaan-perusahaan otomotif apa sajakah yang tidak hanya memproduksi kendaraan darat, namun juga pesawat terbang berikut di bawah ini adalah daftarnya, yaitu :

1. Honda Aircraft Company

Siapa yang sangka bila Honda ternyata memiliki divisi khusus untuk memproduksi pesawat terbang yang sudah ada sejak tahun 1997, adanya divisi ini diawali dari Michimasa Fujino. Seorang pensiunan insinyur kedirgantaraan dari Jepang yang memprakarsai pengembangan pesawat Honda.

Di industri penerbangan, nama Fujino dikenal karena inovasi teknologinya yang memungkinkan mesin jet ditempatkan di sayap, atau lebih dikenal dengan “engine mount on wings”. Inovasi ini langsung dipatenkan Fujino dan diaplikasikan pada proyek pesawat jet bernama HondaJet. Dengan inovasi tersebut, tingkat aerodinamis dan efisiensi bahan bakar HondaJet lebih unggul dibandingkan jet lain di kelasnya.

Uji terbang pertama proyek HondaJet berlangsung pada akhir 2003 di Bandara Internasional Piedmont Triad di Greensboro, AS. Hingga tahun 2006, HondaJet resmi memasuki pasar komersial melalui anak perusahaan Honda, Honda Aircraft Company. Saat ini Honda memproduksi tiga jenis jet, antara lain HondaJet, HondaJet Elite S dan HondaJet 2600.

2. SUBARU Aerospace Company

Subaru merupakan salah satu perusahaan mobil terbesar dalam hal produksi di tahun 2017. Namun nyatanya, Subaru juga merupakan perusahaan penting dalam perkembangan industri penerbangan di negara asalnya Jepang. Jauh sebelum bernama Subaru, perusahaan mobil itu bernama Fuji Heavy Industries.

Perusahaan ini memiliki laboratorium penelitian pesawat terbang yang sangat maju, sehingga pada tahun 1932 direorganisasi menjadi perusahaan terpisah bernama Nakajima Aircraft Company. Selama PD II, Nakajima Aircraft Company memainkan peran penting sebagai produsen pesawat Jepang. Perusahaan tersebut kini lebih dikenal dengan SUBARU.

Saat ini, Subaru Aerospace, divisi kedirgantaraan khusus Subaru, bermitra dengan Bell Textron. Helikopter komersial dikembangkan dari Amerika Serikat, Subaru Bell 412 EPX. Helikopter tersebut kemudian dijadikan sebagai kendaraan operasional Kepolisian Jepang tahun 2019. Perusahaan ini juga melakukan kerjasama dengan perusahaan Boeing Company guna mengembangkan beberapa pesawat komersial, contohnya Boeing 767, 777X, 787, dan777.

3. Rolls-Royce

Rolls-Royce adalah perusahaan mobil yang saat ini dimiliki oleh Bayerische Motoren Werke AG atau BMW. Menariknya, Rolls-Royce dan BMW memiliki sejarah yang sama sebagai perusahaan yang memulai industri penerbangan.

Meskipun BMW berhenti memproduksi pesawat setelah Perang Dunia II, Rolls-Royce tetap produktif dalam membuat beberapa mesin pesawat terbaik di dunia. Pada tahun 1912, Rolls-Royce memproduksi mesin pesawat pertama, Eagle.

Mesin tersebut terpilih sebagai mesin piston terbaik selama Perang Dunia II, ketika digunakan untuk beberapa jet tempur, termasuk Supermarine Spitfire dan Hawker Hurricane yang digunakan oleh tentara Inggris, Kanada dan Soviet.

Rolls-Royce tidak membangun seluruh pesawat, tetapi perusahaan memasok 11.800 mesin untuk 35 jenis pesawat komersial di seluruh dunia. Mesin ciptaan Rolls-Royce yang paling terkenal adalah Trent XWB dan menjadi penggerak bagi pesawat Airbus A340, A330, A380, dan A350. Selain itu ada juga untuk 787 Dreamliner dan Boeing 777.

4. Mitsubishi Aircraft Corporation

Perusahaan selanjutnya adalah Mitsubishi. Sebenarnya perusahaan yang satu ini sudah melakukan atau bergerak di industri penerbangan dari PD 2. Bahkan sudah banyak pesawat tempur buatan Mitsubishi yang digunakan selama perang Dunia ke-2 oleh angkatan laut Jepang. 

Mitsubishi aircraft corporation sendiri didirikan oleh Mitsubishi sebagai salah satu perusahaan khusus untuk mengembangkan moda transportasi udara secara komersial yaitu Mitsubishi SpaceJet.

Di mana pesawat tersebut memang dirancang dengan cara menggabungkan teknologi terbaru milik Mitsubishi supaya dapat tercipta pesawat yang aerodinamis nyaman dan juga efisien. Hanya saja sejak pandemi kegiatan penelitian pada perusahaan ini memang sempat terhenti untuk sementara.

Nah itulah tadi 4 perusahaan otomotif yang biasanya kita ketahui mereka menciptakan mobil ataupun motor, namun pada kenyataannya mereka juga mempunyai divisi khusus untuk mengembangkan atau memproduksi pesawat terbang. Bahkan beberapa di antaranya ternyata sudah mulai melakukan hal tersebut sejak zaman perang dunia ke-2.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *