5 Keunggulan Mobil Listrik Dibandingkan Mobil Konvensional

keunggulan mobil listrik

Perkembangan teknologi memberikan dampak yang luar biasa terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk di bidang otomotif. Jika dulunya mobil menggunakan tenaga uap kini sudah banyak mobil menggunakan bahan bakar minyak. Namun hal tersebut menimbulkan masalah baru bagi iklim atas polusi yang ditimbulkan. Sehingga muncul inovasi mobil listrik yang lebih ramah lingkungan. Keunggulan mobil listrik sendiri cukup banyak jika dibandingkan dengan mobil dengan BBM.

Gagasan mobil berteknologi tinggi ini sudah dijual bebas dan di banyak negara khususnya negara-negara maju. Di Indonesia sendiri mobil listrik masih belum begitu populer. Hal tersebut dikarenakan suplai energi dari mobil listrik saat perjalanan jauh masih belum tersedia. Selain itu mobil dengan bahan bakar BBM memiliki harga yang sangat beragam sehingga cocok untuk kalangan menengah hingga kalangan atas.

Tidak ada salahnya jika mempertimbangkan untuk menggunakan mobil listrik dalam menunjang aktivitas anda. Keunggulan dari mobil listrik dibandingkan dengan mobil menggunakan BBM adalah sebagai berikut.

keunggulan mobil listrik

1. Ramah lingkungan

Mobil ini sangat tepat bagi mereka para pecinta alam. Pasalnya mobil ini sangat ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi. Mobil listrik tidak menghasilkan polusi udara dibandingkan dengan mobil BBM karena memiliki gas buangan dari proses pembakaran minyak sebagai sumber energi utama mobil. Dengan begitu, mobil listrik dapat membantu kondisi udara menjadi lebih baik.

2. Suara tidak bising

Mobil listrik telah menggunakan teknologi canggih dan terbarukan, sehingga ada peredam suara mobil baik dari dalam maupun dari luar. Dengan sistem peredam yang baik maka tidak akan merugikan orang lain karena suara bising yang ditimbulkan. Dan dengan tidak adanya suara bising maka mobil anda lebih terlihat keren. Sehingga anda akan lebih percaya diri ketika mengendarai mobil listrik tersebut.

Perlu diketahui jika mobil konvensional yang menggunakan tenaga bisik lebih bising, terutama yang menggunakan mesin diesel. Ada mobil menggunakan mesin diesel dan tidak mengeluarkan suara bising, namun memiliki harga jual yang cukup tinggi, begitu juga dengan pajak kendaraan bermotor tahunan yang dimasukan dalam mobil mewah.

3. Perawatan mudah

Mobil listrik jauh lebih mudah dalam perawatan mesin dibandingkan dengan mobil konvensional. Hal ini terjadi karena mobil listrik tidak perlu sistem pembuangan. Selain itu, mobil ini tidak memerlukan perawatan rutin yang khusus seperti rutin ganti oli dan lainnya. Sehingga hanya perlu melakukan perawatan dan pengecekan mesin secara berkala.

4. Akselerasi cepat

Akselerasi atau perubahan kecepatan pada mobil listrik didesain jauh lebih cepat dibandingkan dengan mobil konvensional. Mobil listrik populer seperti merk Tesla mampu melakukan akselerasi selama 3 detik untuk melaju dengan kecepatan 100 km/ jam. Hal ini menunjukkan jika mobil listrik memiliki kecanggihan teknologi yang lebih baik jika dibandingkan dengan mobil konvensional.

5. Hanya perlu baterai

Mobil-mobil Listrik hanya menggunakan satu bahan bakar yaitu listrik yang disimpan pada baterai mobil. Sebenarnya apabila anda melakukan perjalanan jarak jauh, Anda dapat mengisi ulang daya mobil listrik anda dengan membawa mesin genset listrik atau lainnya. Dengan begitu minimalnya tempat pengisian daya mobil listrik di Indonesia dapat diatasi dengan mudah.

Bagaimana masih ragu setelah mengetahui keunggulan mobil listrik? Setiap produk pasti ada kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya termasuk mobil listrik dan mobil konvensional. Sehingga akan sangat baik mencari tahu tentang produk tersebut sebelum melakukan transaksi pembelian. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari barang yang anda beli.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *